‘Si Loki’ Layanan Tanggap Keamanan Siber Pemkab OKI

'Si Loki' Layanan Tanggap Keamanan Siber Pemkab OKI

OKI, TEKNOLOGI181 Dilihat

Ogan Komering Ilir, RK.com – Meningkatnya penggunaan teknologi informasi (TI) dalam layanan pemerintah, meski dibarengi kesadaran keamanan siber bagi penyelenggara sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Menggandeng Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Diskominfo OKI menggelar peningkatan kapasitas pengelola (admin) aplikasi/situs milik organisasi perangkat daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui aplikasi Sistem layanan keamanana informasi OKI (Si Loki).

“Dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam layanan pemerintah, mesti dibarengi kesadaran dan pengetahuan akan keamanan siber pengelola (admin) layanan pemerintah berbasis digital agar mampu merespons serta mengatasi berbagai ancaman siber dengan cepat dan efektif,” Jelas Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI, Adi Yanto di Kayuagung, Senin, (18/12/2023).

Aplikasi Siloki yang sebelumnya dilaunching oleh Dinas Komunikasi dan Informatika OKI diharapkan menjadi salah satu solusi untuk melindungi aplikasi maupun situs milik perangkat daerah dari kejahatan siber.

Si Loki merupakan layanan menyeluruh terhadap kebutuhan operasional persandian dan keamanan informasi dengan fitur-fitur antara lain, Dashboard layanan dan operasional keamanan informasi, Pendaftaran pemilik sertifikat digital (on premise dan on service); Pendaftaran parameter aplikasi terkoneksi untuk tanda tangan digital; Inventarisir aplikasi milik pemerintah daerah secara digital; Vulnerability assessment; Pengelolaan hasil ITSA; Pendaftaran dan pengelolaan program bug bounty; serta Pengelolaan CSIRT (Computer Security Incident Response Team).

“Mari manfaatkan layanan Siloki. Mudah-mudahan dengan layanan ini kita semua lebih aware agar tidak kecolongan data pada aplikasi maupun situs yang dikelola OPD lingkup Pemkab OKI,” ujarnya.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan 1445 H, Pemkab OKI bersama Kejari Gelar Operasi Pasar Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *