Waspadai DBD, Dinkes Muba Himbau Warga Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Waspadai DBD, Dinkes Muba Himbau Warga Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Muba, RK.com – Pemkab Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Muba Gencar mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang mengintai di saat musim penghujan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Tampungan air alami di barang bekas atau wadah yang bisa menampung air hujan di sekeliling tempat tinggal menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk DBD. Jadi, PHBS menjadi salah satu antisipasi agar tubuh kita tetap sehat, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr Azmi Dariusmansyah MARS, Selasa (16/1/2024).

Kadinkes Muba juga mengimbau Kepala Puskesmas untuk wilayah yang akan di fooging maka sesuai SOP masyarakat harus melaksanakan gotong royong, membersihkan dari barang-batang yang bisa membuat tergenang air seperti ban bekas botol bekas, mengalirkan saluran yan tersumbat oleh sampah dan didampingi oleh ketua RT atau aparat desa atau kelurahan.

Azmi meminta masyarakat mengoptimalkan kegiatan pemberantas sarang nyamuk (PSN) dengan 3M plus, yang terdiri dari :

1. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *